Minggu, 08 Februari 2009

Life is Simple and Beautiful
Oleh: Hingdranata Nikolay

“Some things in life are badThey can really make you madOther things just make you swear and curse.When you're chewing on life's gristleDon't grumble, give a whistleAnd this'll help things turn out for the best...
And...always look on the bright side of life... Always look on the light side of life...
If life seems jolly rottenThere's something you've forgottenAnd that's to laugh and smile and dance and sing.When you're feeling in the dumpsDon't be silly chumpsJust purse your lips and whistle - that's the thing.
And...always look on the bright side of life... Always look on the light side of life... “
…………………………………………
Di atas adalah cuplikan dari lagu “Always Look on the Bright Side of Life” dari Monty Python.
A very nice song!
Pada saat diciptakan, konon hanya ide iseng pada saat shooting episode Life of Brian dari serial Monty Phython.
Para crew dan artist yang terlibat sedikit bosan dan saat break mereka mulai bernyanyi.
Dan jadilah lagu ini! SIMPLE and inspiring!

Minggu lalu saya traveling menyusuri Pekan Baru - Paya Kumbuh – Padang lewat jalan darat.
Sebuah pengalaman yang sangat berharga, terutama saya berkesempatan mempertajam sensitifitas saya terhadap SIMPLE-nya hidup ini di peta-peta pikiran orang yang jauh dari kota.
Saya naik mobil travel sewaan dan berkesempatan duduk dan ngobrol dengan penumpang dari berbagai kelas ekonomi.
Seorang nenek dan cucunya di sebelah saya, terutama, sangat menyenangkan.
Saya sempat kaget di sebuah pom bensin, nenek tersebut membeli 2 potong semangka, saya mengira untuk dia dan cucunya, ternyata satu ditawarkan ke saya.
Saya jadi teringat kampung halaman, dimana di tempat terpencil, seolah semua orang mengenal semua orang, dan hidup begitu SEDERHANA!

Di setiap perhentian, saya mengambil kesempatan membeli sesuatu di warung-warung untuk mempelajari cara berinteraksi orang setempat.
Dan paling terkesan saat saya sedang membeli air mineral di sebuah warung, mengintip dari warung ke dalam rumah, tiga orang anak kecil sedang bermain dengan ceria.
Mereka bertiga mengkaitkan kaki satu sama lain sambil berloncat-loncatan dengan riang (saya lupa nama permainan tersebut).
Saat ibu mereka yang sedang melayani saya di warung tahu saya mengintip ke dalam, dia ikut tertawa bersama saya. Wasn’t that BEAUTIFUL?
Sesaat saya berpikir, hidup semua orang bisa sesederhana itu. Bermain dan tertawa dengan lepas.
Jika semua memilih untuk melihat dari SISI TERANG KEHIDUPAN, seperti kata lagu di atas.
Di peta pikiran mereka mungkin tidak ada video games, baju baru, mal, dan lain-lain.
Mungkin juga ada, tapi mungkin dalam realita mereka itu bukan untuk mereka, sehingga tidak terbawa pikiran.
Seperti kata orang bijak “If you mind it matters, if you don’t mind it doesn’t matter!”
Saat cucu sang nenek tertidur pulas sepanjang 2 jam perjalanan yang tersisa, saya juga jadi teringat anak saya.
Saat mereka tidur, mereka tidur. Saat mereka bermain, mereka bermain.
LIFE IS SIMPLE AND BEAUTIFUL!

Lalu saat kembali dengan pesawat dari Padang ke Jakarta, terdengar sebuah suara yang sangat familiar dari radio announcer, memberi petuah-petuah bijak.
Saya tahu ini tidak biasa, di samping suaranya sangat familiar.
Saya mengintip ke depan, saat itu curtain ke kelas bisnis terbuka.
Dan terlihatlah di situ sosok AA Gym, dengan santai berbicara melalui announcer.
Para penumpang domestik, termasuk saya, menikmati sekali tutur bijak tersebut.
Dan yang paling saya ingat adalah ‘pesan’ beliau; kunci hidup senang adalah ‘jangan mudah tersinggung dan jangan mudah menyinggung’.
Saya senyum, dan berkata dalam hati, bisa jadi tambahan berharga untuk ‘pesan’ saya ke milis kita hari ini.

Salah satu line dari Hamlet adalah “Setiap hal itu tidak ada yang baik atau buruk. Pikiran kita yang membuat itu baik atau buruk”
Mau dibawa senang bisa, dibawa susah juga bisa.
Saat kita melihat hidup ini sulit, sulitlah hidup kita.
Saat kita melihatnya sebagai SEDERHANA, maka terjadilah ke-SEDERHANA-an.
Saat kita mencari keburukan hidup, kita juga akan menemukannya!
Saat kita ingin melihat KEINDAHAN hidup, kita akan melihatnya.

LIFE IS SIMPLE AND BEAUTIFUL.
Adalah PILIHAN kita untuk menentukan bagaimana kita melihat dan merasakan hidup!
Seperti kata lagu di atas, just whistle, laugh, smile, dance, and sing!
Kapan terakhir Anda begitu bersyukur dan menikmati hidup?

Have a simple and beautiful life!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar